Monday, January 23, 2012

4 season in 4 country

Hold on! ngaco banget saya bikin judul '4 season in 4 country'. Yep, tapi memang benar latar cerita itu dibuat di empat musim dan empat negara. ckck, sebenarnya apasih yang saya omongin. kalian pasti tahu novel karya ilana tan yang summer in seoul, spring in london, winter in tokyo dan autumn in paris. nah! saya sedang membahas itu. beruntung sekali saya mempunyai teman-teman yang suka membaca novel roman seperti ini. sesungguhnya novel seperti ini jauh sekali dari selara saya (yang saya baca biasanya misteri, komedi, dan hal-hal yang berbau imajinasi). guess what? saya mencoba ini karena iseng. di kelas, banyak sekali yang berbagi cerita tentang keempat novel ini. rasa penasaran menggugah hati saya untuk meminjam salah satu novel dari teman.

novel pertama yang saya baca adalah 'winter in tokyo', saya punya ekpetasi cukup besar terhadap novel ini apalagi teman-teman banyak yang bilang novel ini bagus. mulailah saya membaca dengan males-malesan. ternyata saya tidak begitu berselera terhadap cerita roman. tetapi cerita ini begitu mengalir. ketika salah satu hilang ingatan itulah klimaksnya. tapi wow, saya membayangkan adegan berantem betulan. yang saya tidak suka adalah bagian ending. kenapa oh kenapa ketika ingatannya sudah ingat kembali hal itu terkesan biasa. but, overall Ilana Tan did a nice job. Cheers!


novel kedua yang saya baca dan masih minjem ke teman adalah summer in seoul. entah karena saking serunya membaca atau apa, novel ini habis hanya dalam semalam. rasa penasaran saya terus bertambah ketika membaca bab demi bab. cerita ini menurutku paling seru di antara yang lain. soalnya  artis-orang biasa. terus juga ada lucu-lucuannya ga melulu yang sweet-sweet aja. memang sih teman-teman saya semua bilang autumn in paris paling seru. langsung deh saya baca autumn in paris.

ketika membaca autumn in paris, ekspetasi saya gila-gilaan. sayangnya, saya sudah menebak duluan hal hal yang akan terjadi di halaman berikutnya (dan ajaibnya benar). jadi saya kurang surprised aja sama dramatisasinya. maka saran saya ketika kalian membaca buku ini. jangan menebak apa hal setelah itu. maka anda akan menyukai novel ini hehe. namun bener deh sebenernya ini novel bisa membolak-balikan perasaan anda. gregetnya dapet.

terakhir, baru saya selesaikan tadi malam dalam format minjam lagi-_- spring in london seru tiap halamannya. apalagi ada tokoh cewek annoying kayak di sinetron. untungnya tokoh utamanya nggak diceritakan kayak malaikat, penilaianku bisa kacau kalau begini. ceritanya juga bikin penasaran tentang apa masa lalu si tokoh utama. saya suka buku ini, semua bukunya.

bagi saya yang jarang suka novel  pure cinta-cintaan, semua novel ini termasuk lumayan. walaupun nggak bisa sampe mengaduk-aduk perasaan karena pada dasarnya novel ini sweet banget. urusan kompleksnya hebatnya bukan masalah cinta tetapi masalah pribadi yang terpendam seperti harta karun. lebih baik kalian simpulkan sendiri dengan membaca novel ini. saya cukup menikmati kok.








No comments:

Post a Comment